Ribuan Warga Syawalan di Linggo Asri

image

KAJEN - Ribuan Warga berebut gunungan hasil bumi dan nasi megonoa  saat tradisi syawalan Gerebek Gunungan Megono di objek Wisata Linggoasri di Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (12/06/2019).

Sejak pagi ribuan warga sudah tampak memadati objek wisata Linggoasri. Masyarakat ingin merayakan puncak tradisi syawalan di kota santri yang dipusatkan di lokasi wisata alam tersebut. Kegiatan diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Asip Kholbihi yang diserahkan kepada Ketua DPRD Dra Hj Hindun MH setelahh sebelumnya megono gunungan diarak menuju  tempat perayaan di Objek Wisata Linggo Asri.

Setelah itu ribuan warga berebut megono gunungan dan dilanjutkan dengan sarapan nasi megono bersama dengan seluruh lapisan masyarakat. Warga, pejabat, dan tamu undangan duduk bersama makan nasi megono.

 Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun mengatakan, idul fitri mempunyai makna kembali sarapan  secara fisik setelah satu bulan menahan hawa napsu tidak makan minum dan meningkatkan ibadah. Sarapannya orang pekalongan itu megono sehingga kekayaan tradisi itu harus di uri uri.” Saya menyambut baik kegiatan syawalan yang rutin tiap tahun digelar  di Linggo Asri  .

Fri, 28 Jun 2019 @14:38


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Copyright © 2019 DPRD Kabupaten Pekalongan · All Rights Reserved
powered by sitekno